Membuat Kelengkapan SPJ Untuk Belanja Barang Pakai Habis




Secara sederhana aplikasi ini bisa juga digunakan untuk mencetak kelengkapan SPJ untuk belanja barang pakai habis. Tapi format ini hanya berlaku di instansi saya saja. Jika ada perbedaan ya maklum saja karena kadang tiap pemerintah daerah berbeda format SPJ nya.
Fitur ini digunakan untuk membantu staf administrasi yang mengurus masalah SPJ, sehingga meringankan pekerjaan staf tersebut. 
Untuk menggunakan menu ini diasumsikan bahwa harga barang yang ada di aplikasi adalah sama dengan harga toko/ rekanan. 
Saat kita menginputkan data barang masuk pada menu BARANG > MASUK  pilih nama rekanan/ toko, kemudian pilih tanggal masuk dan tanggal surat pesanan, dan inputkan semua nama dan jumlah barangnya. Setelah semua sudah masuk kemudian pilih PROSES.
Langkah selanjutnya adalah pilih pada menu UTILITY > EDIT BARANG MASUK, kemudian pilih/ klik pada data transaksi yang sudah diproses tadi, pilih EDIT kemudian isikan nama kegiatan dan pekerjaannya. Setelah itu SIMPAN.
Kelengkapan SPJ yang bisa dicetak pada aplikasi ini hanya :
1. Surat Pesanan
2. Berita Acara Penyerahan dari Toko ke Panitia / Staf Penerima Hasil Pekerjaan
3. Berita Acara Penyerahan dari Panitia / Staf  Penerima Hasil Pekerjaan kepada Penyimpan Barang

Fitur di atas mungkin tidak berguna jika kantor anda menggunakan format yang berbeda dari output aplikasi ini. Tapi seperti penjelasan di atas, jika fitur ini hanya untuk membantu meringankan pekerjaan staf administrasi yang mengelola SPJ. Karena tupoksi penyimpan barang hanya menerima dan mengelola barang yang menjadi tanggungjawabnya, tidak untuk membuat SPJ atau belanja barang.

Suka dan Bagikan Halaman Ini
Sukai Halaman Ini →
Bagikan Halaman Ini →

0 comments:

Post a Comment