Cara menginput data barang masuk dan data barang keluar

Kemudahan dari aplikasi ini adalah semua laporan yang dibutuhkan diperoleh dari sebagian besar dua aktifitas rutin berupa melakukan transaksi data barang masuk dan melakukan transaksi data barang keluar.

A. Data Barang Masuk
Pilih Menu Barang>Masuk
Sumber data : Berita acara barang masuk/ bukti penerimaan barang dan lampiran data barangnya. Dalam dokumen tersebut paling tidak memuat asal barang (supplier), tanggal penerimaan, nama dan jenis barang beserta harga, jumlah barang, nomor bukti penerimaan dan nomor pesanan beserta tanggal pemesanan/ permintaan. Lebih lengkapnya dapat dilihat pada penjelasan sebelumnya disini. Data tersebut akan dijadikan data input pada data barang masuk.




















1. Pilih nama supplier/ rekanan dengan mengetikkan nama pada kolom rekana kemudian pilih pada tabel yang muncul dengan klik pada tabel tersebut. Jika data supplier atau rekanan belum ada, bisa ditambahkan pada Menu Rekanan.
2. Pilih nama barang pada tabel dengan  klik pada tabel tersebut. Nama barang akan muncul pada nomor 3. Untuk mempermudah pencarian nama barang, bisa dilakukan dengan mengetikan nama barang pada kolom cari.
3. Pada kolom 'QTY' isikan jumlah barang yang akan diinputkan kemudian klik tombol tambah pada nomor 4, nama barang akan muncul pada tabel nomor 5.
4. Tombol ini berfungsi menambah barang pada tabel nomor 5.
5. Klik pada tabel ini akan memunculkan nama barang pada kolom di bawahnya.
6. Tombol nomor 6 berfungsi untuk menghapus pilihan yang sudah diklik pada tabel nomor 5.
7. Pada kolom nomor 7 akan muncul total harga barang yang akan diinputkan.
8. Kolom nomor 8 berupa isian nomor surat pesanan beserta tanggal surat pesanan atau surat permintaan sesuai SPJ atau bukti penyerahan.
9. Kolom nomor 9 berupa isian nomor Berita Acara penyerahan dari panitia pemeriksa kepada penyimpan barang beserta tanggal penyerahannya.
10. Jika data sudah sesuai, data bisa dimasukkan ke dalam database aplikasi dengan memilih tombol 'Proses'. Tombol 'Batal' untuk membatalkan data yang akan diinput.

B. Data Barang Keluar
Pilih Menu Barang>Keluar
Sumber data : dapat berupa berita acara barang keluar, nota barang keluar, atau buku permintaan barang keluar. Data yang ada di bukti tersebut setidaknya memuat : tanggal barang keluar, nama barang dan jumlah barang keluar, dan nama staf yang meminta. Lebih lengkapnya dapat dilihat pada penjelasan sebelumnya disini. Data tersebut akan dijadikan data input pada data barang keluar.
1. Pilih nama staf dengan mengetikkan nama staf pada kolom ini, data nama yang sesuai akan muncul pada tabel secara otomatis, kemudian klik pada tabel tersebut. Jika nama belum ada, bisa ditambahkan pada Menu Staf>Staf.
2. Pilih nama barang pada tabel nomor 2, nama barang yang diklik akan muncul pada kolom di bawahnya. Untuk mempermudah pencarian, dapat diketik pada kolom 'CARI' .
3. Isikan jumlah barang yang keluar pada isian kolom 'QTY'.
4. Klik tombol 'Tambah' untuk menambahkan daftar barang yang keluar yang akan muncul pada tabel nomor 6.
5. Tombol 'Cetak' berguna untuk mencetak histori barang (keluar dan masuk barang) sebagaimana format kartu barang terhadap nama barang yang sudah diklik pada tabel nomor 2.
6. Tabel nomor 6 berisi daftar barang yang akan dikeluarkan, klik nama barang pada tabel ini akan muncul pada kolom di bawahnya.
7. Tombol 'Hapus' berfungsi untuk menghapus barang yang sudah dipilih pada tabel nomor 6.
8. Pada kolom ini memuat jumlah total harga barang yang akan dikeluarkan.
9. Pemilihan tanggal keluar dilakukan dengan mengklik pilihan ini.
10. Setelah semua isian lengkap, selanjutnya pilih tombol 'Proses' untuk mengeksekusi transaksi ke dalam database aplikasi. Tombol 'Batal' berfungsi untuk membatalkan transaksi yang akan diproses.

Suka dan Bagikan Halaman Ini
Sukai Halaman Ini →
Bagikan Halaman Ini →

23 comments:

  1. Gimana cara registernya ? Nomoer serialnya dimana ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setetalh diinstal dan login ada tombol di kanan atas "Registrasi" klik aja nanti muncul serial dan permintaan kode registrasi

      Delete
  2. Pak di menu barang keluar, setelah di isi semua lalu di klik proses kok keluar notif "daftar barang keluar tidak ada" padahal di tabel bawah sudah tercantum..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa jadi harga barang yang tercantum adalah nol, semua barang harus ada harganya meksipun cuma Rp 1.

      Delete
  3. pak harga barang tidak sama harus masukan nama barang baru..seharusnya harga juga bisa diedit pak saat input brg masuk tidak hanya jumlah aja...mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harga perolehan sebaiknya jangan diubah/ edit.Untuk barang yang sama tapi harga berbeda sebaiknya input barang baru

      Delete
  4. kasus sama dg SMKtekstile saat dilakukan transaksi brg keluar tekan tombol proses kluar not" (jenis barg/stofmap) tidk mncukupi utk dikeluarkn cek kmbali history brg tersebut proses tdk dpt dilanjutkan " mohn pncerahnnya gan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cek kartu barang, coba dimenu barang keluar klik barang tersebut kemudian cetak. Lihat tanggal masuk barang. Kemungkinan tanggal barang keluar tidak sinkron (Keluar dulu baru masuk).

      Delete
  5. Pak.. kenapa di menu barang keluar.. tidak bisa input nama pengambil lebih dari satu orang, utk barang yg sama dan pada tanggal yg sama..(pemakaian kertas :bidang a, 3 rim... bidang b, 2 rim), saat print out yg muncul di barang keluar, bidang b sebanyak 5 rim., padahal yg seharusx muncul di barang keluar bidang a 3 rim, bidang b 2 rim.... terima kasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. setiap transaksi adalah per staf yg ambil barang,proses kemudian lanjut transaksi lain

      Delete
  6. Assalamulaikum, Ini merupakan Aplikasi yang sangat membantu. mohon bantuanya gan untuk kode 764181 (kami dari Magister Manajemen Ugm). Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikum salam Kode Registrasi 44789760 silakan

      Delete
  7. ini tidak bisa ya import data sendiri, saya punya 1000 nama barang yang sudah siap di input, tp kl ketik satu2 bakalan lama

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada di menu import data, dari excel ke aplikasi. Tapi hanya untuk data awal saja.

      Delete
  8. gimana cara download versi trialnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada di sini https://aplikasibarang.blogspot.co.id/2015/04/download-dan-cara-install-aplikasi.html

      Delete
  9. Min, apa nama aplikasi supaya kita dapat mengetahui dengan cepat barang apa saja yang masuk dan barang apa saja yang sudah habis
    Tolong bantuannya min

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau barang apa yang masuk ada di menu utility editbarangmasuk
      Kalo barang yang sudah habis ada di menu stok

      Delete
  10. siang pak
    boleh minta aplikasinya beserta script/codingnya untuk di pelajari dan di kembangkan lagi pak.. spx z bisa tau lagi lbh dalam..
    makasih seblumx pak

    ReplyDelete
  11. asslamu alaikum bisa minta vidio toturial cara infut bhp simbakda 2020

    ReplyDelete