Cara Setting Kertas Folio Agar Laporan Tidak Terpotong

Berhubung semua report yang ada di aplikasi ini disetting menggunakan kertas folio/F4 (ukuran 8,5 x 13 Inch atau 21,5 x 33 cm) dan untuk printer tertentu tidak ada setting kertas tersebut, maka perlu dilakukan setting sebagai berikut :
1. Setting pada Printer Default.
Pastikan printer default dapat disetting menggunakan kertas Custom. Untuk melakukannya dapat dikerjakan dengan langka sebegai berikut :
a. Buka setting properties Printer dengan cara membuka pada komputer/ laptop : Start>Printers and Faxes. Klik kanan pada printer default kemudian pilih Printer Properties.
Pastikan pada Tab General kemudian Paper available terdapat ukuran Folio atau 8x13 Inch, untuk printer dotmatrix biasanya bisa memilih ukuran German Legal Fanfold seperti pada gambar berikut :
























b. Jika tertulis masih ukuran A4 atau Letter, maka bukalah Tab Advanced kemudian pilih tombol Printing Defaults seperti pada gambar berikut :



















Pilihlah Custom Paper untuk menambahkan ukuran kertas baru, kemudian simpan nama kertas tersebut misalnya 'Folio'. Untuk printer tertentu jika tidak dapat dilakukan, pilih saja ukuran Legal, biasanya printer Canon tidak dapat menyimpan ukuran kertas Custom. Untuk printer HP Laser dan Epson bisa untuk simpan Custom.



















Kemudian OK, Apply dan OK dan OK lagi.

2. Setting pada aplikasi.
Pada aplikasi, cukup dengan membuka menu Utility, kemudian pada submenu ID tinggal klik Set Kertas. Pastikan anda membuka aplikasi dengan hak akses administrator ketika membuka aplikasi (Klik kanan run as administrator)

Suka dan Bagikan Halaman Ini
Sukai Halaman Ini →
Bagikan Halaman Ini →

6 comments:

  1. Maaf nga bisa print out gimana yah, aplikasi tidak merespon

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo mau ngeprint biasanya keluar preview dulu ki.
      pasti bisa di print, kecuali memang print tidak nyambung sama pc nya. coba print dari aplikasi alin bisa tidak.
      kalo preview tidak muncul mungkin tdk ada transaksi.

      Delete
  2. tidak bisa mengatur kertas kenapa yah keluar pesan seperti ini. Can;t update the cursor LAMP11, Since it is ready Only. Kenapa yah Bang, Mohon Solusinya yah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. klik kanan 'run as administrator' aplikasi sebelum dijalankan.

      Delete
  3. tidak bisa disetting.katanya setting kertas sudah dilakukan.padahal belum ngapa2in

    ReplyDelete
  4. tidak bisa dirubah setting kertas. padahal sudah mengikuti tutorial. masih terpotong

    ReplyDelete