Impor Data Awal dari Excel

Impor data dimaksudkan untuk mempermudah user dalam menginput data awal yang akan digunakan sebagai stok awal aplikasi. User tidak perlu menginput satu per satu data awal pada aplikasi, tetapi cukup dengan melakukan impor data pada aplikasi dari format excel yang sudah disediakan oleh aplikasi.
Langkah- langkah dalam melakukan impor data awal dari excel sebagai berikut :
1. Pilih Menu Utility , kemudian pilih Submenu Stok Awal



2. Pilih tombol pada 'EKSPOR TEMPLATE EXCEL'. Pilih direktori sebagai tujuan file template.xls untuk digunakan sebagai tempat penyimpanan.
3. Buka file template.xls tersebut kemudian copy paste data ke dalam file template.xls kumudian simpan.
Penjelasan file template.xls :
a. Pada baris pertama terdapat header : id, nm_brg, hrg_brg, sat_brg, stok, id_kat_brg, merk, kuota, ed, dan lokasi. Jangan hapus atau ganti urutan text ini karena sebagai penanda data untuk dicopy ke dalam file database aplikasi.
b. id : adalah id barang, isikan dengan urut 1, 2, dst ....
c. nm_brg : adalah nama barang
d. hrg_brg : adalah harga barang, pastikan tidak ada pemisahan digit dengan koma atau titik.
e. sat_brg : adalah satuan barang
f. stok : adalah stok atau banyaknya barang berdasarkan satuan barang, pastikan tidak ada pemisahan digit dengan koma atau titik.
g. id_kat_brg : adalah urutan kategori barang, perhatikan pada Menu Barang>Kategori. Jika barang tersebut adalah ATK maka id_kat_brg adalah 1, Benda Pos maka id_kat_brg adalah 2, dst..
h. merk_brg : adalah merk barang.
i. kuota : adalah banyaknya kuota yang disediakan dalam DPA APBD, isikan 1000000 jika kuota tidak diketahui atau tak terhingga.
j. ed : adalah tanggal kadaluarsa. Isikan dengan format dd/mm/yyyy contoh 31/12/2016. Setiap barang harus ada tanggal ed nya. jika tidak ada, isikan saja dengan tanggal 31/12/2050.
k. lokasi : adalah id lokasi, contohnya sama dengan id_kat_brg, lihat di menu Barang>Lokasi.
Setelah diisi semua, simpan file tersebut.

l. batch : isi kode batch jika ada, jika tidak ada kasih strip - saja.
4. Pada aplikasi Utility>Stok Awal, pilih 'PILIH NAMA FILE EXCEL' kemudian pilih nama file template.xls yang sudah diisi tadi.
5. Tunggu hingga proses selesai dan pilih tombol "Proses " untuk menambahkan data stok awal pada aplikasi.
6. Cocokkan  dengan data manual (file excel anda) jumlah barang dan harganya apakah sudah sesuai pada menu Utility>Edit Barang Masuk.

Bagaimana jika ternyata file yang sudah diimport salah jumlah atau datanya ?
Untuk mengulang kembali import file data excel, harus dihapus dulu semua transaksi dengan cara  membuka menu Utility>Operasi Data.
Kemudian pada 'HAPUS TABEL TRANSAKSI' pilih 'Transaksi Barang Keluar' kemudian pilih 'Hapus' lakukan juga pada 'Transaksi Barang Masuk' dan 'Data Barang'.


Perlu diingat impor stok awal dari excel hanya bisa dilakukan sekali. Selanjutnya setiap transaksi barang masuk dilakukan secara manual aplikasi.

Video Tutorial silakan saksikan :




Suka dan Bagikan Halaman Ini
Sukai Halaman Ini →
Bagikan Halaman Ini →

8 comments:

  1. Gan mau tanya,
    saya udah coba Import Data dari Excel terus data selesai diproses,
    tapi ko engga muncul ya di Menu Barangnya ??
    mohon pencerahannya, terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perhatikan kode di kolom id_kat_brg dan kolom lokasi pada file excel, isi saja dengan angka 1. Pastikan semua kolom terisi semua.

      Delete
    2. sudah gan, semua kolom udah di isi sesuai judul kolom tapi tetap aja data barang yang sudah di import tidak tampil di menu barang - sub menu data barang .. - See more at: http://aplikasibarang.blogspot.co.id/2015/04/impor-data-awal-dari-excel.html?showComment=1449880437239#c3794159976573485548

      Delete
  2. sudah gan, semua kolom udah di isi sesuai judul kolom tapi tetap aja data barang yang sudah di import tidak tampil di menu barang - sub menu data barang ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba kirim file excelnya ke aplikasibarang@yahoo.com nanti saya analisa

      Delete
  3. gan kenapa id barangnya dimulai dari 2 padahal input datanya dari 1, dan setelah saya cek, id 1 ada data suplier/rekanan, yang mau saya tanyakan gimana cara menghapus data suplier/rekanan, tolong pencerahannya gan, terima kasih

    ReplyDelete
  4. 99125732 Distan Pontianak Pak
    Mohon kode registrasinya

    ReplyDelete